Kamis, 08 Maret 2012


Teori Elaborasi ini ditemukan oleh Charles reigeluth dan rekan-rekannya di akhir tahun 1970-an. Teori Elaborasi adalah teori desain instruksional yang berpendapat bahwa konten yang harus dipelajari harus diatur dari sederhana untuk memesan kompleks, sementara memberikan konteks yang berarti di mana ide-ide berikutnya dapat diintegrasikan.ini bertujuan agar proses belajar-mengajar lebih efektif, pengajar lebih mudah menyampaikan meteri, dan para siswa lebih mudah untuk mengerti pelajaran atau materi yang diberikan.
Syarat Kunci: urutan elaborasi konseptual, urutan elaborasi teoritis, kondisi menyederhanakan urutan. Menyederhanakan materi pelajaran yang akan diberikan misalnya, mengartikan kata-kata yang sulit dimengerti oleh siswa.
Jadi, pada intinya teori ini berisikan tentang bagaimana cara penyampaian pelajaran secara lebih mudah, cara tersebut ada beberapa tingkat yaitu yang pertama. dengan cara menggunakan lambang (gambar) untuk memudahkan kita untuk member gambaran materi yang akan kita bawakan. Yang kedua menguraikan pada isi dari materi, dan proses berlanjut dengan cara yang sama.
Dengan menggunakan teori itu sebagai dasar pengelolaan kegiatan pembelajaran, peran utama pendidik sebagai faktor eksternal harus memberikan rangsangan kepada siswa agar siswa mampu merespon dengan baik serta meningkatkan perhatian atas apa yang harus dipelajarinya. Guru juga berperan agar respon yang siswa berikan diarahkan pada prilaku yang guru harapkan.
Tidak semua pakar sependapat dengan teori itu.

lanjutkan membaca disini
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!